Jumat, 20 Oktober 2017

Orang berani bayar mahal demi ini!!! intip cara buatnya disini

WPAP (Wedha's Pop Art Portrait) namanya, tehnik illustrasi gambar yang dipopulerkan oleh pak Wedha Abdul Rasyid sekitar tahun 1990-1991.


WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar. Dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab itulah WPAP mempunyai ciri khas tertentu yang membuat WPAP mempunyai keunikan tersendiri dalam segi teknik pembuatan.

Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengunduh dan menginstall aplikasi Adobe Illustrator CS3 di komputer anda.Kalo sudah terinstall lanjut ke langkah pertama. buka aplikasi Adobe Illustrator, biasanya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ketika pertama kali dibuka setelah di install


langsung saja pilih print dokumen kemudian pilih file > new dan atur ukuran lembar kerja sesuai kebutuhan. selanjutnya buka foto yang akan dijadikan objek WPAP dengan cara langsung tarik dari direktori penyimpanan foto menuju lembar kerja Adobe Illustratoratau bisa juga dengan cara open file. untuk foto disini gunakan foto hitam putih untuk mempermudah dalam membuat WPAP. setelah foto tadi berada pada lembar kerja kita, kemudian kunci layer 1 tempat foto tadi berada sehingga foto tersebut aman ketika proses editing.


Selanjutnya tambah layer baru dan pilih tools Line untuk membuat garis facet. Buatlah facet dengan memisahkan 2 bidang dengan tingkat kecerahan yang berbeda. lakukan terus hingga semua objek selesai di beri garis.


Setelah foto selesai di facet, maka tiba waktunya pemberian warna. jika masih bingung untuk langsung memberi warna yang sebenarnya. berikan warna grayscall terlebih dahulu sesuai dengan warna aslinya. hal ini bisa membantu dalam pemilihan warna yang tepat sesuai kecerahan foto aslinya.
pertama tama blok semua facet tadi, bisa menggunakan Ctrl+A maka akan terseleksi semua garis tanpa mengganggu foto aslinya karena sudah terkunci. setelah di blok kemudian pilih tools Live Paint Bucket kemudian arahka ke facet tadi lalu klik kiri. jika benar, maka facet tadi akan terpisah sesuai garis yang sudah dibuat sehingga memudahkan pemberian warna dalam 1 layer.


untuk mengambil warna asli bisa menggunakan tools eyedropper dengan cara menyeleksi pada area warna yang dinginkan dengan menggukan eyedropper dan langsung memberikan warna pada facet area dimana warna tersebut diambil. lakukan langkah tersebut sampai semua facet bener bener habis diwarnai. setelah dirasa cukup, lalu bandingkan dengan foto asli untuk mengecek kemiripan.


setelah itu barulah kita masuk ke tahap pewarnaan yang sebenarnya. warna pada Adobe Illustrator bisa diambil dengan menggunakan menu Window > Swatches lalu klik icon pojok kiri bawah untuk memilih jenis warna. saya sendiri biasa menggunakan type warna PANTONE Color Bridge CMYK yang bisa di pilih dengan cara memilih Color Book > PANTONE Color Bridge CMYK
Kemudian warnai dengan tool Live Paint Bucket sesuai dengan keinginan dan jangan sampe keluar dari pakem WPAP dan harus pop art.

Gimana???? mudahkan membuat WPAP dengan Adobe Illustrator. masalah hasil tinggal nunggu waktu. makin sering latihan hasilnya juga bakal lebih bagus dan begitupun sebaliknya. nah.... tunggu apalagi yuk ambil mouse nyalain laptop tarik garismu.

jika bingung dengan versi teks, bisa belajar dengan versi video disini


tinggalkan pertanyaan dan saran dikolom komentar
Salam Warna Warni

0 komentar:

Posting Komentar