Rabu, 14 Juni 2017

Membuat WPAP Dengan Menggunakan Adobe Illustrator CS3

Menentukan aplikasi yang akan digunakan dalam membuat WPAP atau desain grafis lainnya banyak dipertanyakan oleh orang orang yang baru mau belajar grafis. Dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan diantaranya menyangkut seberapa mudah aplikasi yang dipilih bisa mendukung mereka dalam membuat sebuah desain grafis. sehingga banyak juga aplikasi yang disarankan untuk digunakan, mulai dari aplikasi yang hanya bisa digunakan di komputer PC sampai yang bisa juga digunakan di Smartphone.
dari sekian banyak aplikasi yang ada, yang paling dominan digunakan di Komputer PC yakni Photoshop, CorelDrow dan juga Illustrator. bagaimana dengan kalian? apakah masih bingung dalam menentukan aplikai yang akan digunakan dalam membuat desain grafis?. jika msih bingung, tak ada salahnya membaca artikel yang saya buat ini. kali ini saya akan membahas secara ringkas bagaimana point point peting dalam membuat WPAP dengan menggunakan Adobe Illustrator CS3.


Hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengunduh dan menginstall aplikasi Adobe Illustrator CS3 di komputer anda. jika belum bisa di download disini.
kalo sudah terinstall lanjut ke langkah pertama. buka aplikasi Adobe Illustrator, biasanya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ketika pertama kali dibuka setelah di install


langsung saja pilih print dokumen kemudian pilih file > new dan atur ukuran lembar kerja sesuai kebutuhan. selanjutnya buka foto yang akan dijadikan objek WPAP dengan cara langsung tarik dari direktori penyimpanan foto menuju lembar kerja Adobe Illustratoratau bisa juga dengan cara open file. untuk foto disini gunakan foto hitam putih untuk mempermudah dalam membuat WPAP. setelah foto tadi berada pada lembar kerja kita, kemudian kunci layer 1 tempat foto tadi berada sehingga foto tersebut aman ketika proses editing. 



Selanjutnya tambah layer baru dan pilih tools Line untuk membuat garis facet. Buatlah facet dengan memisahkan 2 bidang dengan tingkat kecerahan yang berbeda. lakukan terus hingga semua objek selesai di beri garis.



Setelah foto selesai di facet, maka tiba waktunya pemberian warna. jika masih bingung untuk langsung memberi warna yang sebenarnya. berikan warna grayscall terlebih dahulu sesuai dengan warna aslinya. hal ini bisa membantu dalam pemilihan warna yang tepat sesuai kecerahan foto aslinya.
pertama tama blok semua facet tadi, bisa menggunakan Ctrl+A maka akan terseleksi semua garis tanpa mengganggu foto aslinya karena sudah terkunci. setelah di blok kemudian pilih tools Live Paint Bucket kemudian arahka ke facet tadi lalu klik kiri. jika benar, maka facet tadi akan terpisah sesuai garis yang sudah dibuat sehingga memudahkan pemberian warna dalam 1 layer.



untuk mengambil warna asli bisa menggunakan tools eyedropper dengan cara menyeleksi pada area warna yang dinginkan dengan menggukan eyedropper dan langsung memberikan warna pada facet area dimana warna tersebut diambil. lakukan langkah tersebut sampai semua facet bener bener habis diwarnai. setelah dirasa cukup, lalu bandingkan dengan foto asli untuk mengecek kemiripan.


setelah itu barulah kita masuk ke tahap pewarnaan yang sebenarnya. warna pada Adobe Illustrator bisa diambil dengan menggunakan menu Window > Swatches lalu klik icon pojok kiri bawah untuk memilih jenis warna. saya sendiri biasa menggunakan type warna PANTONE Color Bridge CMYK yang bisa di pilih dengan cara memilih Color Book > PANTONE Color Bridge CMYK

Kemudian warnai dengan tool Live Paint Bucket sesuai dengan keinginan dan jangan sampe keluar dari pakem WPAP dan harus pop art.

Gimana???? mudahkan membuat WPAP dengan Adobe Illustrator. masalah hasil tinggal nunggu waktu. makin sering latihan hasilnya juga bakal lebih bagus dan begitupun sebaliknya. nah.... tunggu apalagi yuk ambil mouse nyalain laptop tarik garismu.

jika bingung tinggalkan pertanyaan dan saran dikolom komentar
Salam Warna Warni

4 komentar:

Amirul Wahyudi mengatakan...

Nice tutorial gan .. Love youu *eeeeh

santunfuady.blogspot.com mengatakan...

Setelah membaca artikel ini, sy jadi mau belajar lagi.. Terimakasih gan.. Sangat bermanfaat..

Unknown mengatakan...

terimakasih mas Amirul Wahyudi. Love you to

Unknown mengatakan...

selamat belajar kembali mas Santun Fuady

Posting Komentar