Sabtu, 17 Juni 2017

WPAP karya anak bangsa hiasi dinding gedung di Kazan, Rusia menyambut FIFA Confederasi Cup

Lagi, karya anak bangsa menghiasi pagelaran sebak bola bergengsi FIFA. Sebelumnya sudah ada karya desainer grafis asal Sukoharjo Jawa Tengah, Gilang Bogy yang menghiasi kaleng produk minuman asal Jerman pada perayaan Piala Eropa. Kaleng minuman tersebut bergambarkan wajah wajah para pemain Jerman dalam gaya WPAP yang kita kenal merupakan Seni grafis asli dari Indonesia yang sekarang mulai dikenal dunia.

Kali ini giliran desainer grafis Indonesia lainnya yang melakukan prestasi yang hampir sama. Adalah Edwin desiner asal Jakarta yang membuat kagum Agency Creative evolusi dari Kazan Rusia sehingga menggunakan karyanya yang berupa wajah pemain bintang Real madrid dan Kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo dalam bentuk WPAP untuk membuat Mural Graffiti pada sebuah bangunan di Kazan Rusia.

WPAP karya desainer asal Indnesia, Edwin
Bangunan di Kazan, Rusia

Bangunan yang dihiasi dengan Mural Graffiti berupa wajah Cristiano Ronaldo tersebut di buat untuk menyambut FIFA Confederasi Cup yang Rencana akan digelar di Rusia mulai tanggal tanggal 17 Juni 2017. Tuan rumah Rusia sendiri dijadwalkan akan bertemu New Zealand pada laga pembuka. sedangkan Cristiano Ronaldo dari Portugal akan berhadapan dengan Mexico keesokan harinya.

Lewat akun Facebooknya Edwin membeberkan bahwa sebelumnya tidak mengetahui bahwa karyanya digunakan oleh pihak dari Rusia. Edwin sendiri baru menyadari hal tersebut setelah melihat postingan salah satu anggota grup "Belajar WPAP Yuk" di facebook. grup yang kini menampung hampir 78 ribu anggota baik yang dari Indonesia maupun dari luar. "saya juga ga nyangka tiba2 ada yg post di grup Belajar WPAP Yuk. Ayo terus semangart berkarya!" Jawab Edwin setelah ditanya seorang teman. Pihak dari Rusia sendiri ternyata sudah mengirimkan pesan yang berisi permohonan izin untuk menggunakan karya Edwin dalam menghiasi sebuah bangunan di Rusia yang baru disadari oleh Edwin setelah selang beberapa hari.

Semoga seni kebanggaan negara kita ini semakin dikenal, dan makin banyak yang mengapresiasinya di belakang hari. 

Salam Warna Warni

0 komentar:

Posting Komentar